Loading...


PENYARING TENAGA SURYA: Panel Surya fotovoltaik terpadu mengisi baterai Penampung Tenaga Surya 24 Volt untuk menyediakan air bersih bebas penyakit dalam upaya bantuan bencana. (TRUNZ WATER SYSTEMS AG)

PENYARING TENAGA SURYA: Panel Surya fotovoltaik terpadu mengisi baterai Penampung Tenaga Surya 24 Volt untuk menyediakan air bersih bebas penyakit dalam upaya bantuan bencana. (TRUNZ WATER SYSTEMS AG)

Sebuah permurni air baru dapat menghasilkan lebih dari 8.000 galon air minum bebas virus per hari tanpa bahan bakar atau generator dan sepenuhnya berjalan dengan tenaga surya atau angin.
Penampung Tenaga Surya ini dirancang untuk digunakan di daerah yang terserang bencana di mana sumber energi konvensional biasanya terlalu mahal atau sama sekali tidak tersedia.
Produsen permurni air tersebut mengatakan bahwa permurni air ini dapat membantu mengurangi penyebaran air yang menularkan penyakit, menyediakan air yang tidak mengandung garam bagi petani, dan mengurangi perencanaan logistik bagi upaya bantuan. Alat tersebut juga dapat menghasilkan kelebihan energi yang cukup untuk mengisi peralatan komunikasi.
Banyak organisasi bantuan bencana, seperti USAID, CARE, dan PBB telah melaporkan bahwa mereka seringkali harus berjuang untuk memberikan air minum bersih yang cukup bagi para korban. Di Pakistan, misalnya, banjir bulan lalu memaksa para pekerja bantuan baik dengan mengirimkan air bersih dengan truk melewati jalan kasar ataupun mengolah air banjir yang terkontaminasi dengan tablet pemurni air sekali pakai.
Demikian pula, banyak penduduk Haiti yang masih belum pulih dari gempa besar di negaranya awal tahun ini masih mengandalkan pipa di atas tanah sementara untuk air minum. Sayangnya pipa ini sering pecah, meninggalkan korban bencana tanpa sumber air bersih bebas penyakit yang dapat dipercaya.
Penampung Tenaga Surya memberikan upaya bantuan dengan solusi yang lebih handal. Melalui serangkaian penyaring dan delapan membran osmosis balik, alat ini dapat memanfaatkan air asin dan secara efektif dapat melepaskan unsur-unsur besar, bakteri, virus, garam dan bahkan bahan kimia berbahaya.
Karena alat tersebut sepenuhnya berjalan pada tenaga surya dan angin yang dapat terbarui, Penampung Tenaga Surya mengurangi kebutuhan kesiapan logistik selanjutnya yang seringkali dibutuhkan oleh banyak generator atau peralatan dengan tenaga bahan bakar.
Produk ini merupakan upaya patungan antara Spectra Watermakers, perusahaan (reverse osmosis) osmosis balik yang berpusat di Kalifornia dan pabrikan Swiss, Trunz Water Systems. Mereka mengatakan bahwa Penampung Tenaga Surya memenuhi persyaratan FEMA seperti yang dituangkan dalam Dokumen Persyaratan Opersional suatu badan sejak April 2009.
Penampung Tenaga Surya membuat air bersih tersedia hampir di mana saja dan dirancang untuk bekerja dalam lingkungan apapun. Peralatan penyaringnya terpasang dalam suatu bilik ber-AC, dikunci dan disegel yang memungkinkannya untuk bertahan bahkan dalam kondisi tandus yang terberat. 

(Conan Milner/The Epoch Times/pls)

Artikel Yang Berhubungan



0 comments

Post a Comment

salam kenal..
Kita mungkin tidak saling kenal, namun dengan meninggalkan pesan di sini berarti kita telah menjalin persahabatan baru.... Komentar teman2 semua sangat saya harapkan dan hargai..Trimakasih.

Hosting Unlimited Indonesia

link exchange & Directories